Tes Paragraf

Friday, May 24, 2013

Kunci Rezeki


Rezeki berasal dari bahasa arab Ar-Rizqu yang secara bahasa artinya  pemberian.  Menurut ar-Razi dan al-Baydhawi, secara bahasa ar-rizqu juga berarti al-hazhzhu (porsi), yaitu bagian seseorang yang dikhususkan untuknya tanpa orang lain. Karena itu, Abu as-Saud mengartikan ar-rizqu dengan al-hazhzhu al-mu’thâ (porsi yang diberikan).  Jadi, kata rizki  dapat diartikan sebagai:  Pemberian Allah kepada seorang hamba berupa apa saja, tidak terbatas pada materi dengan porsi yang sudah ditentukan-Nya.
Setiap manusia diciptakan lengkap dengan rezekinya, dan kita tidak disuruh mencari rezeki tetapi justru harus menjemput jatah rezeki kita, karena tidak mungkin Allah menciptakan perut kecuali dengan isinya sebagaimana firman-Nya dalam Al Qur'an surat Huud ayat 6, "Dan tidak ada sesuatu yang melata di bumi melainkan Allah yang meberi rezekinya."
Adapun cara-cara untuk mempercepat datangnya Rezeki adalah sebagai berikut:


1. Memohon ampun
Rasululloh bersabda, barangsiapa yang sering membaca istigfar niscaya Alloh akan menghilangkan segala kegundahan dan kesusahan serta dikaruniakan rezeki yang tidak diduga-duga. (HR. Abu Daud)
2. Takwa
...Barangsiapa bertakwa kepada Alloh niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya...(QS 65: 2-3
3. Tawakal
...Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkannya. Sesungguhnya Alloh melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya.sesungguhnya Alloh telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS 65: 3)
4. Khusu Beribadah
5. Melaksanakan haji dan umroh
6. Sedekah
 Alloh telah berjanji, barang siapa yang bersyukur terhadap nikmat yang ada, maka Alloh akan     menambah nikmatnya. Oleh karena itu, setiap kita mendapatkan rezeki keluarkan zakat dan sedekahnya, karena harta kita tidak akan berkurang dengan sedekah. Sebaliknya, harta akan bertambah, dan bertambah. Inilah rumusnya. Seperti firman Allah dalam Al Qu'ran surat Ibrahim ayat 7, "...sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat)  kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya Azab-Ku sangat pedih"
7. Berbuat baik kepada orang miskin dan lemah
8. Berdo'a untuk keselamatan orangtua

0 komentar:

Post a Comment