Tes Paragraf

Wednesday, November 14, 2018

ANDA KORBAN STRES?

Terlalu banyak stress dalam pekerjaan? Usahakan  mengubah suasana pekerjaan yang menegangkan menjadi menyenangkan. Demikian menurut seorang ahli terapi psikologi dari New York AS. Roberto Temes.
Karena Anda cukup lama melewatkan waktu di kantor,dalam jangka panjang ketegangan sekecil apapun memang bisa sangat mengganggu .
Melalui kuis ini anda akan tahu apakah pekerjaan Anda menegangkan dan bagaimana cara mengatasinya. Jawablah kuis berikut ini dengan B (Benar) atau S (Salah). Jangan lupa menghitung skor Anda!
  1.  Agresivitas sangat pas diterapkan dalam pekerjaan
  2. Sehabis akhir minggu yang penuh kejengkelan bersama keluarga, saya biasanya tidak bergairah masuk kantor
  3.  Selama cuti, bila bertemu dengan teman sekantor, rasanya saya tidak ingin membicarakan soal pekerjaan
  4. Saya merasa bersalah bila semangat saya tampak mengendur sehabis menyelesaikan proyek yang sulit
  5. Saya suka memberikan bantuan kepada teman kerja, tapi saya sering bertanya-tanya sendiri apakah atasan memperhatikannya dan saya akan mendapat keuntungan apa?
  6. Bagi saya sukses berarti menghasilkan banyak uang
  7. Kalau saya suatu kali memenangkan undian besar, saya akan tetap bekerja tetapi tentu saja dengan muka cerah
  8. Saya selalu merencanakan pekerjaan dua kali lebih dari kemampuan saya
  9. Saya selalu menuntut kesempurnaan, supaya jangan sampai melakukan kesalahan
  10. Saya tidak pernah sukarela melakukan pekerjaan ekstra
  11. Bila atasan mengritik rewel, saya ikut kesal dan mudah tersinggung
  12.  Saya selalu berharap setiap hari dapat belajar sesuatu yang baru

    Ukuran Stres Anda:
    Jumlahkan jawaban S dan B . Semakin banyak jawaban B yang diberikan, berarti Anda semakin stress.
    1 - 4 Benar: Berjiwa matang 
    Anda secara umum  menikmati pekerjaan karena selalu berpikir logis. Tidak seperti Anda, orang yang selalu tegang cenderung impulsif. Anda tahu bagaimana tetap berkepala dingin bila menghadapi krisis. Kekuatan Anda terletak pada kemampuan untuk menganalisis situasi dan pilihan sebelum bertindak, baik bila berunding dengan atasan maupun teman sekerja. Anda berani mengakui kesalahan. Anda tahu siapa pun pernah melakukan kesalahan.
    5 - 8 Benar: Tegang
     Anda cederung menuntut kesempurnaan. Sebab itu, Anda kecewa bila sesuatu tidak berjalan dengan lancar. Usahakan untuk mengurangi agresivitas supaya Anda tidak menderita stres berat. Ingat, kesuksesan itu berbeda-beda bagi masing-masing pribadi. Bagi banyak orang, sukses berarti menghasilkan lebih banyak uang. Tapi menurut penelitian, banyak juga orang yang mau menerima gaji lebih rendah asalkan hatinya puas dan tidak stres.
    9 - 12 Benar: Korban Stres
    Anda mengkhawatirkan semua hal,  bahkan yang di luar kekuasaan Anda. Untuk mengurangi stres, jangan biarkan hal-hal sepele mengganggu diri Anda. Anda cenderung kurang fleksibel, yang tentu saja akan menaikkan tekanan darah Anda. Buatlah pekerjaan jadi mengasyikkan dengan bekerja sebatas kemampuan. Berikanlah pertolongan kepada orang lain, tapi jangan selalu mengharapkan pujian. Yang terpenting, janganlah merasa Anda bertanggung jawab atas suasana hati atasan Anda. (Intisari: 1996)


     

0 komentar:

Post a Comment